Advertisement

CONTOH NASKAH PIDATO HARI GURU 25 NOVEMBER 2018 | Contoh Pidato Tentang Mensyukuri Nikmat Allah Swt

Contoh Naskah Pidato -  Pidato merupakan sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran.

Fungsi pidato

  •  Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  •  Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  •  Menciptakan suatu keadaan yang kondusif dimana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut. mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Metode Pidato

  • mpromptu yaitu metode berpidato yang serta merta tanpa adanya persiapan
  • Memoriter yaitu metode berpidato dengan menghapalkan naskah pidato terlebih dahulu.
  • Naskah yaitu metode berpidato dengan membacakan teks/naskah pidato.
  • Ekstemporan yaitu metode berpidato dengan terlebih dahulu menyiapkan garis-garis besar konsep pidato yang akan disampaikan.
Dalam Pidato ini sebagian orang memang merasakan yang namanya demam panggung ketika kita sambutan dengan di hadiri banyak audiens, maka dari itu admin akan memberikan beberapa teks pidato untuk berbagai keperluan seperti pidato perpisahan, Pidato bahasa Inggris, Pidato tentang Lingkungan Hidup atau pidato dengan tema yang lainnya, baiklah kita langsung saja untuk membaca beberapa teks pidato yang  mungkin bisa membantu anda dalam menyampaikan dalam pidato dari suatu acara. 

Cara Menulis Pidato

Berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum menulis naskah pidato :
  • Tentukanlah topik atau tema yang akan disampaikan dalam pidato
Tema yang akan dikemukakan harus berhubungan dengan tujuan persoalan yang akan disampaikan. Tujuan tersebut berhubungan dengan sikap atau pandangan pendengar yang kamu inginkan setelah mendengar pidatomu.
  • Lakukanlah analisis situasi
Kamu harus mengetahui waktu berpidato dan siapa saja para pesertanya.
  • Kumpulkan bahan yang menunjang pidatomu
Dalam hal ini kamu harus bisa memilih dan memilah hal-hal apa saja yang hendak disampaikan saat berpidato. Hal-hal tersebut akan memperlancar kamu dalam menyusun pidato.
  • Buatlah kerangka uraian
Kerangka uraian yang dibuat sebaiknya terperinci dan tersusun baik sehingga memudahkan kamu dalam menyusun naskah pidato.
  • Kembangkanlah kerangka pidato yang kamu buat
Gunakanlah kata-kata yang tepat dan efektif utuk kerangka pidatomu, gunakan juga gaya bahasa atau istilah yang dapat memperjelas uraian menjadi semakin menarik.

 Kumpulan Contoh Pidato

Contoh Pidato Tentang  Mensyukuri Nikmat Allah Swt

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sesuai dengan tema pidato saya kali ini, maka tentunya sepatutnya terlebih dahulu kita mengucapkan puji syukuer kehadirat Allah SWT. Dengan cara bersyukur ini maka kita baru akan mengetahui dengan benar bahwa pada dasarnya betapa agung dan besarnya nikmat dan anugerah Allah yang telah diberikan kepada kita. Selanjutnya tak lupa juga tentunya sholawat serta salam kita haturkan kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita terlepas dari jaman kebodohan. Dan kita juga perlu bersyukur untuk itu.
Seluruh jamaah ahli bersyukur yang dimuliakan oleh Allah.
Bersyukur merupakan salah satu perbuatan yang memiliki maksud untuk mengucapkan terima kasih atas segala nikmat, rahmat yang telah diberikan kepada kita oleh Allah. Tentunya kita sebagai umat yang beriman yang tidak akan kufur akan nikmat tahu betul bahwa oarng-orang yang bersyukur akan diberikan tambahan nikmat yang lebih banyak. Hal sesuai dengan apa yang telah tertulis dalam Firman Allah QS Ibrahim ayat 7:


"dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih"
Seluruh jamaah ahli bersyukur yang dimuliakan oleh Allah.

Akan sangat kurang ajar sekali jika kita tidak mau bersyukur. Karena nikmat yang diberikan kepada kita niscaya kita tak akan bakal sanggup menghitungnya. Tak perlu kita jauh-jauh tentang nikmat apa yang telah diberikan kepada, ketika kita bangun dipagi hari masih bisa membuka mata saja itu sudah merupakan suatu nikmat yang sangat luar biasa. Lalu bagaimana mungkin kita tidak bersyukur.

Lalu, bagaimanakah cara bersyukur itu?.

Seluruh jamaah ahli bersyukur yang dimuliakan oleh Allah.

Bersyukur itu dibagi menjadi 3 macam yaitu bersyukur dengan menggunakan kata-kata atau lisan, bersyukur dengan menggunakan badan dan bersyukur dengan menggunakan hati. Bersyukur dengan menggunakan lisan memiliki arti kita akan mengakui segala nikmat yang diberikan kepada kita dengan sikap merendahkan diri. Selanjutnya bersyukur dengan menggunakan badan artinya adalah dengan bersikap dengan perbuatan yang mencerminkan seorang hamba yang taat akan perintahNya dan beribadah kepadaNya, selanjutnya bersyukur dengan hati artinya bahwa kita harus meyekini dan menyadari bahwa segala nikmat, anugerah dan karunia yang selama ini telah kita peroleh merupakan semata-mata dari Allah SWT.

Sehingga, mulai dari sekarang marilah kita untuk terusr mengingat syukur, jika mendapatkan kesenangan bersykur dan bahkan ketika kita mendapatkan kesusuhan pun kita harus bersyukur. Karena biar bagaimanapun nikmat kesusahan yang sedang kita terima tetap saja tak akan pernah melebihi nikmat kesenangan yang ada pada diri kita.

Kiranya hanya cukup sekian saja pidato saya. Apabila ada perkataan yang salah saya mohon maaf.
Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Walhidayah.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Tentang Agama Islam Sabar


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته



الحمد لله رب العالمين وبه نستعين على امور الدنيا والدين والصلاة والسلام على سيد المرسلين وعلى آله وصحبه اجمعين. اما بعدُ



PujidansyukurmarilahkitapanjatkankehadirotIlahiGhofur, yang telahmemberikannikmat yang tidakterukur.

ShalawatbesertasalamsemogatetaptercurahlimpahkankepadapadukaalamHabibanawanabiyana Muhammad saw. Taklupakepadakeluarganyasahabat-sahabatnyadankepadaumatnya yang setiadalammelaksanakansyari’atnyasampaiakhirzaman.

Hadirinhadirot yang berbahagia

Kita sebagaiumatmanusiawajibbersyukurkepadaAllohDzat yang mahaGhafur, karenakitadiciptakansebagaimanusiayaiyumakhluk yang sempurna.Sehinggaapapun yang kitapakaiakanmenjadiperhiasandanpantasdipandangmata.

Celanapanjangkitapakaipantasdipandangmata….

Pecikitapakaipantasdipandangmata……

Kerudungkitapakaipantasdanenakdipandangmata…….

Akan tetapiapabilacelanaitu, peciitu, kerudungitudipakaiolehbinatangsepertiayamataukambing, makapastilahtidakakanpantas…….

Untukitumakakitaharusbersyukuratasanugrah yang telahdiberikankepadakita.KarenakalaukitabersyukurmakaAllohakanmenambahnikmatitu. Akan tetapiapabilakitakufurtidakbersyukurmakanikmatituakandicabutdandigantinyadenganadzab. Nauzubillah….

SebagaimanafirmanAllohswtdalam surah Ibrohimayat : 7


Artinya :Dan (ingatlahjuga), tatkalaTuhanmumemaklumkan; "Sesungguhnyajikakamubersyukur, pasti Kami akanmenambah (nikmat) kepadamu, danjikakamumengingkari (nikmat-Ku), makasesungguhnyaazab-Ku sangatpedih."

Hadirin yang berbahagia….

Hanyaini yang dapatsayasampaikan.Terimakasihatasperhatiannyadanmohonmaafataskekurangannya.

Kalauadasumur di lading bolehkitamenumpangmandi, kalauadaumurpanjaminsyaAllohkitaakanberjumpalagi.

وبالله التوفيق والهداية

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته


NASKAH PIDATO HARI GURU 25 NOVEMBER 2018

GURUKU PAHLAWANKU

Assalammualaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi/Selamat Siang

Salam Sejahtera bagi kita semua...

Kepada Yth Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMA NaskahPidato.com,

Yang saya Hormati Bapak dan Ibu guru SMA NaskahPidato.com,

Beserta teman-teman ku yang saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt yang telah

melimpahkan rahmat dan hidayahnya. Shalawat bersimpulkan salam semoga senantiasa

tercurahlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

 Bapak Ibu Hadirin Sekalian yang saya hormati, pada kesempatan ini saya akan

menguraikan pidato saya dengan judul “Guru adalah Sosok Insipirasi bagi Anak Negeri”.

ketika saya diminta untuk berbicara tentang guru, maka tak lain yang terbersit di benak saya

adalah figur yang sangat luar biasa. Guru adalah pahlawan yang selalu dinaungi kesabaran dan

ketabahan. Sabar dan tabah dalam membina anak didiknya. Guru adalah pahlawan yang selalu

dinaungi keikhlasan dan pengorbanan. Sehingga ia pun rela mempertaruhkan hidupnya hingga

pelosok negeri. Karena keikhlasannya, hingga tak terpikirkan oleh nya untuk menghitung berapa

ilmu yang telah ia bagikan. Guru adalah pahlawan yang tak pernah lepas dari rasa cinta dan kasih

sayang. Menyemangati anak didiknya untuk berani mengukir mimpi dalam jejak perjalanannya.

 Bapak Ibu hadirin sekalian yang berbahagia. Seluruh orang-orang hebat di negeri ini,

para pemimpin besar negeri ini merupakan buah dari perjuangan yang tak terbeli dari seorang

guru. Perjuangan yang penuh dengan kesederhanaan dan pengorbanan. Perjuangan yang tanpa

disadari sesungguhnya memberikan inspirasi bagi anak didiknya. Memberikan contoh sebagai

seorang pahlawan bagi bangsa dan negara ini, pahlawan tanpa tanda jasa. Andai saja seluruh

anak negeri menyadari ini semua, mencontoh sifat kepahlawanan dari seorang guru maka

niscaya dapat dibayangkan betapa indahnya masa depan Indonesia.

 Guru, semoga kau senantiasa menjadi inspirasi bagi anak negeri. Tauladan kepahlawanan

yang baik bagi seluruh generasi penerus bangsa indonesia. Semoga Allah SWT senantiasa

melimpahkan keberkahannya dalam setiap langkah perjuangan mu.

 Demikianlah uraian singkat dari saya, semoga kita semua bisa mengambil manfaatnya.

Terima kasih atas kesempatan dan perhatian, mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan.

Saya akhiri dengan sebuah pantun...

Jalan-jalan ke kota bengkulu

Pulangnya mampir dulu ke pasar purwodadi

Terus berjuang bapak ibu guruku

Memberikan inspirasi bagi seluruh anak negeri

Assalammualaikum Wr. Wb.